INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

12 Tips Membeli Motor Bekas Semoga Tidak Tertipu

Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu 12 Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu
Bukanlah hal yang gampang ketika kita akan membeli motor bekas, banyak hal yang sanggup menjadi pertimbangan ketika membelinya. Mulai dari motor apa yang akan kita beli, hingga dana yang harus kita siapkan. Dan berbagai oknum penjual motor bekas yang tidak jujur dengan jualannya, dari memoles motor bekas yang bekerjsama sudah tidak layak, sehingga sanggup menipu pengelihatan kita hingga mensiasati mesin motor supaya terdengar lebih halus dan mengelabui kita. Itulah yang mengakibatkan kita sebagai pihak pembeli harus lebih waspada dan lebih teliti ketika membeli motor bekas. Maka dari itu di sini kita akan coba membahas tips-tips apa saja yang sanggup kita lakukan ketika membeli motor bekas. Yang terperinci tips ini akan mengurangi kemungkinan anda tertipu sehingga sanggup memperoleh motor bekas yang berkualitas dan sesuai dengan impian anda.


1. Tentukan Motor Bekas Apa Yang Akan Anda Beli

Saat ini motor yang beredar di indonesia ada beberapa jenis, ada yang berjenis skuter matic, bebek, atau motor berjenis sport. Dan ada beberapa brand motor yang beredar di Indonesia, dengan keunggulannya masing masing. Disini anda harus menentukan dahulu jenis dan brand motor bekas yang rencananya akan anda beli. Lihat dana kita, sesuaikan dengan motor bekas yang akan kita beli, kalau memang tidak sesuai dengan dana kita lebih baik kita lupakan dan coba menentukan yang lebih pas dengan kondisi keuangan kita, alasannya yakni ketika membeli motor bekas, sudah niscaya kita akan mengeluarkan uang untuk perawatannya dan pembelian sparepart yang sudah mulai aus atau tidak layak lagi. Lain halnya jikalau dana anda sanggup lebih besar, yang memungkinkan anda menentukan motor jenis apa saja yang anda inginkan, baik motor dengan cc besar, maupun motor sport yang relatif harganya lebih mahal dari motor biasanya. Dan apabila anda memang memiliki dana yang tidak terbatas, tampaknya anda lebih cocok untuk membeli motor baru, bukan motor bekas.


2. Cek Harga Pasaran Motor Bekas

Coba anda cari tahu dulu harga pasaran motor bekas yang sudah anda bidik, sehingga sanggup menjadi patokan ketika anda coba mencarinya. Perhatikan harga motor bekas tersebut, apakah sudah sesuai atau malah sering naik turun tidak menentu. Gunakan media internet dan media cetak untuk menentukan berapa harga pasaran motor bekas yang memang sudah anda incar. Bila sudah sanggup harga yang pantas, dan anda merasa dana anda kurang, coba anda cari dengan tahun yang lebih tua, alasannya yakni biasanya motor bekas tahun yang lebih renta akan dijual lebih murah.


3. Pilih Penjual Motor Bekas Yang Sudah Terpercaya

Dalam menentukan daerah anda akan membeli motor bekas, usahakan anda sudah mengetahui track record si penjual. Jangan hingga anda membeli motor bekas di daerah yang salah, anda perlu mengetahui track record si penjual di karenakan, dengan menentukan penjual yang terpercaya, kemungkinan anda tertipu akan semakin kecil. Biasanya ciri ciri showroom motor bekas yang jujur dan bertanggung jawab yakni showroom motor bekas yang terkenal, dengan reputasi baik dan dengan jumlah pelanggan yang tidak sedikit, dengan stock motor bekas yang banyak. Showroom motor bekas menyerupai ini biasanya akan menjaga kualitas dan kepercayaan para pelanggan, sehingga mereka menerapkan hukum yang ketat ketika membeli motor bekas maupun ketika menjualnya kembali. Extra hati hati apabila anda coba coba membeli di situs online, yang kita sendiri tidak tahu di mana rumah atau showroom si penjual tersebut.


4. Periksa Kelengkapan Surat

Periksa kelengkapan surat surat kendaraan, alasannya yakni jangan hingga anda membeli motor bodong atau motor yang surat surat nya tidak lengkap. Yang baik yakni BPKB motor sudah ada dengan faktur pembeliannya, yang biasa sudah melekat di belakang BPKB. Periksa juga keaslian surat surat kendaraan tersebut, berbagai kejadian orang membeli motor dengan surat surat palsu, yang pastinya akan merepotkan kita di lalu hari. Cek kecocokan nomor rangka dan nomor mesin yang tertera di BPKB dengan nomor rangka dan nomor mesin yang ada di motor tersebut, biasanya nomor mesin tercetak di mesin sebelah pinggir atau bawah mesin, sedangkan nomor rangka biasanya tercetak di belahan rangka motor di bawah jok motor. Angka angka tersebut harus sama persis tanpa ada keraguan kita melihatnya, anda harus memastikan betul. Karena berbeda satu nomor saja itu sudah merupakan kecurigaan yang harus di waspadai. Karena ada kemungkinan surat yang di miliki pemilik motor palsu. Apabila anda merasa ada kecurigaan, ada baiknya anda periksa eksklusif ke kantor samsat terdekat, sehingga sanggup di sanggup data yang lengkap dan akurat.

Anda juga harus memastikan, apakah ada tunggakan pajak kendaraan. Jika ada anda harus melaksanakan penawaran yang di sesuaikan dengan berapa biaya pajak yang harus anda bayar nantinya. Cobalah bicara dengan yang punya motor bekas semoga anda di beri potongan harga, dengan begitu anda tidak mengalami kerugian ketika membeli.


5. Periksa Dengan Teliti Kondisi Body Motor Bekas Yang Kaprikornus Incaran

Perhatikan dengan teliti kondisi body motor, apakah terdapat belahan yang retak, baret atau bahkan patah. Karena dengan melihat body motor kita sanggup memperkirakan motor tersebut apa pernah jatuh atau tidak. Coba anda tanya dan pastikan, sparepart yang terpasang apakah orisinil atau hanya memakai yang kualitas nomor 2 nya saja atau bahkan no 3. Bertanya yakni hal yang lumrah ketika membeli, apalagi barang yang akan kita beli yakni barang yang nantinya akan kita gunakan sehari hari. Kita tidak mau bukan jikalau di lalu hari terjadi apa-apa di karenakan sparepart motor yang terpasang palsu, dan menimbulkan kecelakaan, amit amit yaaa...

Coba anda standar dua motor bekas yang akan anda beli di daerah yang rata. Coba anda perhatikan dengan seksama, apakah posisi motor tersebut miring padahal di daerah yang anda simpan posisinya rata. Jika menyerupai itu, kemungkinan ada persoalan dengan rangka motor bekas tersebut, sanggup jadi sudah pernah tabrakan atau yang lainnya.


Baca Juga Tips Memilih Mobil Bekas Yang Berkualitas

6. Lihat Dan Cek Olinya

Hal lainnya yang perlu anda perhatikan adalah, coba anda buka tutup oli motor yang akan anda beli. Lihat di epilog ukuran oli yang ada dalam mesin motor tersebut, apakah berlebihan. Jika berlebihan anda patut curiga, biasanya oli yang di masukan berlebihan di karenakan untuk meredam bunyi bergairah dari si mesin motor. Dan biasanya mesin yang di beri oli berlebihan, akan menyemburkan oli ketika sesudah dinyalakan, anda buka epilog olinya. Hal ini terjadi di karenakan oli yang ada dalam mesin melebihi ukurannya atau berlebihan.


7. Cek Speedometer

Anda harus perhatikan speedometernya, liat dengan teliti, adakah bekas bongkaran atau bekas bekas gesekan pada baut yang di gunakan untuk melepas speedometernya. Lihat juga kondisi speedometernya apakah ada retak atau indikator yang tidak berfungsi.

Lihat juga indikator jarak tempuh motor, apakah masih dalam batas normal atau tidak. Jarak normal motor yang sehat yakni 1 tahun kurang lebih 10.000km. Apabila jarak tempuh motor dalam satu tahun sudah melebihi 20.000km sanggup di katakan motor tersebut yakni motor capek, yang dipakai dengan maksimal setiap harinya. Dan lebih baik anda cari motor yang lainnya.


8. Nyalakan Mesin Dan Dengarkan

Sekarang kita masuk ke belahan krusial yaitu mesin motor. Coba anda nyalakan mesin motornya, jangan memakai starter electrik, coba anda nyalakan dengan kick starternya tanpa anda pegang tuas gas nya, apakah motor tersebut eksklusif langsam atau menyala dengan putaran mesin yang rendah tanpa di gas. Dengarkan bunyi mesinnya apakah ada bunyi bergairah pada ketika mesin menyala, atau pada ketika mesin sudah langsam. Dengarkan dengan teliti. Mesin yang bermasalah biasanya akan mengeluarkan bunyi bunyi yang khas, yang bila kita dengarkan terasa janggal. Dan mesin yang tidak sehat biasanya akan sulit langsam.


9. Rasakan Perpindahan Transmisinya

Jika anda sudah yakin tidak ada persoalan dengan mesin motornya, kini ada baiknya anda coba motornya dan berjalan pelan-pelan, sambil mengoper gigi nya dari 1 hingga terakhir. Apakah terasa berat atau kasar, apabila terasa bergairah kemungkinan besar di karenakan kampas kopling yang akan habis atau aus. Dan ini niscaya memakan biaya cukup besar. Beda halnya dengan motor matic anda harus mencicipi perpindahnya dengan teliti, adakah akselerasi yang terasa berat atau tidak. Jika ada kemungkinan ada masalah, dan harus di cek lebih lanjut. Ada baiknya dalam hal menyerupai mesin motor anda membawa orang yang lebih jago hanya demi memastikan jangan hingga anda salah dan tertipu.


10. Lihat Apakah Ada Kebocoran

Periksa motor dengan teliti, lihat apakah ada kebocoron, entah oli maupun yang lainya. Karena kebocoran sanggup berakibat fatal jikalau tidak segera di atasi, jangan hingga ketika motor sudah anda beli, gres anda melihat kebocorannya. Jika masih sanggup di atasi mungkin hanya berakibat ratusan ribu melayang. Tapi bila kebocoran sudah merembet ke yang lainya, mungkin bukan ratusan ribu yang anda keluarkan. Bisa jadi nilainya menjadi jutaan.


11. Periksa Juga Kelistrikan Motor

Periksa kelistrikan motor dengan menyalakan semua yang berafiliasi dengan listrik atau aki motor. Apakah masih normal atau malah tidak nyala. Tanya kepada penjual jikalau ada kelistrikan yang tidak menyala di karenakan apa. Dengarkan jawabanya apakah masih masuk nalar atau tidak. Jika masih masuk nalar mungkin aki atau panel nya yang rusak, jikalau tidak masuk nalar kemungkinan ada yang di sembunyikan, dan mungkin lebih rumit dari sekedar ganti aki atau ganti panel kelistrikan.


12. Minta Kesempatan Test Ride Lebih Lama

Gunakan waktu yang lebih usang ketika anda test ride motor yang akan anda beli, bawa motor dengan kecepatan rendah, sedang hingga tinggi. Sehingga anda sanggup mencicipi kejanggalan yang muncul ketika anda melaksanakan test ride. Jika test yang anda lakukan sukses, mulailah berbincang perihal harga motor. Tawar dengan sesuai keadaan keuangan anda di tambah persiapan jikalau terjadi kerusakan atau sparepart yang harus di ganti.

Sekian hingga disini kawan-kawan, semoga tips-tips di atas sanggup membantu kawan-kawan dalam mencari motor bekas yang berkualitas. Terima kasih.

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel